Nelly Turuallo Serap Aspirasi Warga Karang Jati

BALIKPAPAN – Nelly Turualo anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) gelar reses untuk serap aspirasi masyarakat Masa Persidangan II tahun 2021 di Komp. Perumahan Balikpapan Baru Jalan Tulip no 12, Damai Baru, Balikpapan Selatan, Sabtu (5/6/2021).

Hadir dalam reses kali ini perwakilan Dinas lingkungan Hidup (DLH) Nurliana Wati dan Ririn dan juga dihadiri perwakilan RT, sesepuh yang berada di Kelurahan Karang jati, Balikpapan Tengah.

Dalam sambutannya, Nelly Turuallo menjelaskan mekanisme cara pencatatan aspirasi masyarakat dengan sistem baru yakni Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). ” Berbeda dengan kemarin kita menyebutnya E-planning, untuk saat ini namanya SIPD dan pengawasan pengiputan data berada pada Kementrian Pusat,” ucap Nelly Turuallo .

Berbagai keluhan permasalahan warga Karang Jati mulai dari lokasi tempat pembuangan sampah yang tidak ada di daerah ini, pembangunan gedung Kecamatan yang belum pernah terealisasi, Tidak adanya Polsek dan juga pemadam kebakaran.

Seperti keluhan warga Karang Jati, Haris menyampaikan tempat pembuangan sampah yang belum ada lokasi TPSnya, sehingga menimbulkan bau karena menupuk lama tidak diangkut DLH.

Warga RT 18 Karang Jati Samsul Anam menyampaikan keluhannya terkait sampah rumah tangga seperti bekas seng, pemotongan pohon dan perabot rusak bagaimana cara pembuangannya dan juga bantuan mobil jenazah.

Nelly memberikan solusi terkait permasalahan ini dengan meminta pihak DLH menyediakn sampah truk container untuk ditempatkan di lokasi ini. ” Adanya truk container yang disediakan DLH bisa mengurangi sampah menumpuk di daerah ini,” kata Politisi Golkar Dapil Balikpapan Tengah.

“Untuk sampah rumah tangga seperti bekas seng, pemotongan pohon dan juga sampah gotong royong sedimen sebaiknya dikordinasikan dengan pihak DLH,” jelasnya kepada warga Karang Jati.

Pihak perwakilan DLH Nurliana mengatakan akan menyampaikan dan mencatat permasalahan TPS yang belum ada lokasinya. Disampaikan juga kebijakan penguraian sampah dalam masyarakat dengan cara 3R yakni sampah Reuse, Reduce, dan Recycle. ” Pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.” Jelasnya.

Suratman warga RT 21 Karang Jati menyampaikan aspirasi mengenai keinginan warga perbaiki lingkungan tetapi terkendala lahan milik Pertamina, kemudian parit besar yang ada di daerah Karang Jati dan juga membutuhkan TPS di dua lokasi di area panorama atas Karang jati.

Adanya lahan milik Pertamina yang ada di area ini, Nelly akan coba menjembatani untuk pertemuan dengan pihak Pertamina membahas permasalahan ini dengan warga sekitarnya. ” Lebih cepat lebih baik dilakukan pertemuan, ayo RT diarea ini bersurat ke DPRD, katanya.

Nelly menambahkan, sebagai wujud kepedulian Anggota DPRD kota Balikpapan terkait dunia pendidikan dan menanggapi usulan warga RT 05 mengenai fasilitas Sekolah Dasar 021 Balikpapan Tengah, Nelly mengusulkan pembangunan kanopi yang sudah diinput di SIPD APBD tahun 2022. Dia mengakui masalah kenyamanan siswa dan pengejar perlu mendapat perhatian.

” Itu sudah saya usulkan di SIPD APBD tahun 2022,” ucapnya.

Adanya aspirasi ini nantinya akan diusulkan untuk dimasukkan pada SIPD tahun 2022.***