Ternate,DPD Partai Golkar Ternate menggelar Festival Sekolah Sepak Bola (SSB) se- Maluku Utara (Malut) kategori usia 9-12 tahun, yang dipusatkan di Stadion Gelora Kie Raha Ternate, Rabu (16/6/2021) malam.

Animo SSB mengikuti Festival ini sangat tinggi, tercatat yang mendaftar dan mengikuti event tersebut sebanyak 79 tim, yang terdiri dari Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Halmahera Selatan, Halmahera Utara. Mereka akan merebut piala bergilir DPD Partai Golkar Kota Ternate.

Hadir di acara tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Malut, yang juga Anggota DPR-RI, Alien Mus dan Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.Alien menyampaikan bahwa generasi muda di Malut memiliki potensi besar dalam dunia sepak bola, hal ini dibuktikan dengan hadirnya sejumlah pemain yang saat ini eksis di club-club besar di Indonesia bahkan di Tim Nasional (Timnas).Zulham Zamrun misalnya. Pemain Persiter Ternate yang pernah memperkuat Persib Bandung di Piala Presiden 2015 dan meraih dua penghargaan sekaligus yakni Top Skor dan Pemain Terbaik.

Pemain yang dijuluki CR7 nya Indonesia ini juga pernah bermain untuk Persipura Jayapura, PSM Makassar, Persela Lamongan, Mitra Kukar, dan saat ini bergabung di klub liga 2 milik Atta Halilintar, AHHA PS PATI. “Kami sadar betul dengan potensi generasi muda kita di Maluku Utara. Oleh karena itu, partai Golkar berkomitmen mendorong pengembangan SDM di bidang olahraga ini,”ujar Alien Mus kepada TIMES Indonesia di kediamannya, Ternate, Kamis (17/6/2021).

Di samping itu, Ketua DPD Golkar Kota Ternate, Fuad Alhadad menambahkan, selain pengembangan pemain partai berlogo pohon beringin itu menaruh perhatian terhadap sarana dan prasarana olahraga di Maluku Utara.Stadion Gelora Kie Raha kata Fuad, adalah sebuah stadion multi-fungsi dipergunakan untuk menggelar pertandingan – pertandingan sepak bola dan merupakan markas dari klub sepak bola Persiter Ternate. Stadion ini memiliki kapasitas duduk untuk 15.000 orang.

“Kita lihat saat ini kondisi stadion kebanggaan kita sudah mulai lapuk dan perlu segera dibenahi. Kami akan mendorong agar secepatnya direnovasi bila perlu rehab total,”kata Fuad

Fuad mengatakan, festival SSB akan dijadikan event tahunan DPD Golkar Ternate, untuk menjaga bibit-bibit muda tetap eksis bermain, tak hanya melakoni latihan di internal SSB.”Kita berharap event ini menjadi ajang meningkatkan minat dan bakat pemain anak-anak kita. Kalau dasarnya sudah bagus saya yakin akan banyak pemain lokal yang bisa bersaing secara nasional kedepan,”tandasnya terkait Festival SSB se-Maluku Utara yang digelar Partai Golkar Ternate.